Tak bisa ditampik bahwa salah satu fungsi Instagram ialah sebagai medium untuk narsis. Bukan hanya sekadar posting foto-foto selfie, tapi pengguna juga bisa pamer karya masing-masing. Contohnya, stop motion, DIY, ilustrasi, hingga komik.

Nyatanya, dunia perkomikan Indonesia pun makin ramai dengan para kreator baru, misalnya Gani Suryo Buwono (25), lelaki asal Temanggung di balik akun @sichikomik. Ia mengaku, awal mula membuat komik adalah saat dirinya duduk di bangku SMA.

“Awal mulanya iseng membuat komik di binder waktu SMA, terus enggak sengaja temen-temen sekelas pada baca dan terhibur. Lalu mulai dari situ keisengan mulai kusalurkan melalui komik di Instagram sejak 2014,” kata Gani pada Indonesianyouth.org.

Instagram pun dipilih menjadi media untuk memamerkan karyanya karena baginya, pengguna Instagram cukup banyak sehingga peluang komik dibaca akan semakin tinggi.

“Selain itu juga karena perkomikan Indonesia saat itu sedang berkobar sampai saat ini. Jadi makin membuat saya bersemangat mencurahkannya ke Instagram,” sambungnya.

Dalam membuat komik, Gani bisa mencari inspirasi tema dari berbagai hal. Misalnya, saat ia melihat berita di TV, mendengar radio, dari pengalaman pribadi, atau saat dirinya sedang berbincang dengan orang lain. Pada intinya, Gani ingin menceritakan hal-hal di keseharian, seperti masalah sosial sampai masalah cinta, lewat Sichi, lelaki yang menjadi tokoh utama dalam setiap komiknya.

“Ciri khas dari komikku sendiri, yaitu dari karakternya si Sichi yang berambut oranye, berkaos merah dengan logo hashtag dan punya ketawa khas ‘MWEHEHE~’,” terang Gani.

Dalam membuat komik, Gani mengungkapkan bahwa tujuan awal pembuatan @sichikomik bukanlah untuk mencari uang seperti menerima endorsement atau menjadi buzzer. Memang, kadangkala ia menerima tawaran tersebut, tetapi itu bukanlah tujuan utamanya.

“Aku anggap itu bonus. Karena tujuan utamaku berkomik itu untuk membagi info, ilmu, dan berkarya dengan hati,” tutupnya.

View this post on Instagram

Ketika mimpi terhalang tanda tanya besar soal bagaimana melanjutkannya menjadi kenyataan, jawabnya hanya perlu mencari tempat sharing yg tepat untuk berbagi pertanyaan, kegalauan, kebingungan lalu mendapat jawaban dari yang berpengalaman serta terinspirasi dari pengalaman orang lain yg sukses dengan pilihannya… . . . Sinergi Muda X Kibar mempersembahkan: . @IndonesianYouth Conference 2017 "Kami Masa Depan" . 16 Desember 2017 Di @townsquarecilandak, Jakarta . – Talkshow – Public Discussion – Workshop – BIG Inspiring Session – Surprise Session – Career Expo – Community Expo – Art & Music Performance . Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut, buka indonesianyouth.id Yuk berkolaborasi bersama kami untuk menciptakan masa depan yang lebih baik! Kami Masa Depan, Kamu? . . . . . . #sichikomik #IYC #IndonesianYouth #IndonesianYouthConference #Youth #YouthConference #IYCatCitos #KamiMasaDepan

A post shared by Sichikomik (@sichikomik) on