Bapak, ibu, saudara-saudaraku sekalian, sebangsa dan setanah air, mari kita tunda sejenak segala macam kenyinyiran untuk negara ini.

Pergelaran akbar olahraga se-Asia secara resmi telah dibuka, sehari setelah usia Indonesia mencapai 73 tahun. Pertunjukan dalam Opening Ceremony Asian Games 2018 mengakibatkan lontaran decak kagum. Pujian mengalir deras kepada Indonesia.

Sudah selayaknya tepuk tangan ditujukan kepada seluruh aspek yang terlibat dalam pementasan tersebut. Mulai dari pengisi acara, volunteer, yang mikirin konsep, yang ngurusin lampu, yang rancang kostum, dan segala hal lainnya yang mungkin saja banyak yang terlewat.

Tapi untuk segala elemen yang terlibat dalam acara pembukaan tersebut, layak diapresiasi. Kalian tunjukan pada dunia bahwa kita adalah bangsa kreatif.

Setelah bersolek sana-sini, tambal sulam kekurangan, perdebatan dan konflik kepentingan, serta berbagai drama yang membumbui persiapan, Asian Games 2018 dengan segala kelebihan dan kekurangan akhirnya terwujud.

Slogan “Sukseskan Asian Games 2018” nyaris dijumpai di setiap sudut kota Jakarta. Bagaimana bentuk konkretnya? Datang dan saksikanlah perjuangan para atlet kita. Berikan teriakan dan dukungan untuk mereka. Ramaikan venue yang menjadi penyelenggara.

Kiranya itu adalah bentuk konkret dukungan terkecil kepada para atlet kita di Asian Games 2018.

Sekarang saatnya panggung ini diserahkan kepada para atlet kita. Saat yang lain sibuk mempersiapkan penunjangnya, mereka berlatih keras. Ada keringat, ada darah, ada waktu yang mereka korbankan demi menjadi juara di rumah sendiri.

Kita pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962. Saat itu kita menduduki peringkat kedua dalam perolehan medali, satu tingkat di bawah Jepang dan di atas India.

Setelah kerja keras, pengorbanan, bahkan air mata yang harus menetes, bertarunglah para pahlawan olahraga. Buatlah Indonesia Raya selalu berkumandang di setiap cabang. Buatlah Merah Putih posisinya selalu di atas bendera lain.

Bung, republik ini telah berhasil menjadi tuan rumah lagi, Bung!

***

Sumber foto: Antara Photo/Inasgoc/Rosa Panggabean