Ayo, Lihat Semua! Captain Tsubasa Kita Datang! – Di dalam rumah kami ada sebuah peraturan tak tertulis yang mesti ditaati anggota keluarga. Peraturan tersebut mengenai menyalakan televisi menjelang waktu magrib. Nyaris haram hukumnya. Selepas magrib diharuskan membaca, baik itu buku pelajaran, ataupun kitab suci. Saya tak ingat kapan persisnya aturan ini diberlakukan.

Peraturan tersebut selalu saya taati, sebelum munculnya serial kartun Captain Tsubasa. Sialnya, ia tayang di waktu yang bersamaan dengan magrib. Pergolakan batin dan pembangkangan terhadap aturan dimulai. Hal ini semata dilakukan agar tidak tertinggal cerita jika bertemu kawan di sekolah atau di lingkungan rumah.

Meski sejak saat itu banyak bermunculan serial kartun serupa yang bertemakan sepakbola, seperti Shoot! dan Whistle, Captain Tsubasa tetap mendapat tempat lain di hati pecintanya.

Jika disimak secara saksama, bahwa tiap episodenya seolah selalu menghadirkan ketidakmungkinan, tapi saya tetap terhanyut di dalamnya. Pada saat itu adegan menembakkan bola ke gawang yang bisa menghabiskan beberapa episode masih dapat diterima. Bahkan sebelum tendangan dilepaskan, bayangan-bayangan di masa lampau bisa hadir secara tiba-tiba.

Tendangan berbagai jurus yang tersedia di Captain Tsubasa juga menambah hal-hal yang muskil dilakukan di dunia nyata. Meski memang pernah ada yang mempraktikkannya seperti dalam video ini

dan ini

Oleh sebab itu tak jarang saya tiru gaya yang ada di dalamnya. Virus semangat bermain sepakbola juga sangat mudah tertular. Lebih jauh dari itu, Captain Tsubasa memelihara mimpi kami, anak-anak sebaya kala itu, untuk menjadi pesepakbola andal di masa mendatang.

3 April 2018, serial ini hadir kembali. Dengan sentuhan-sentuhan baru, versi remake ini membuat tampilan di dalamnya lebih kekinian. Bukan berarti ia berubah jadi youtubers. Ozora Tsubasa datang sebagi murid baru di sekolah Nankatsu, bertemu Rio Ishizaki, dan menantang Genzo Wakabayashi.

Akan tetap menarik menunggu kisah yang akan terjadi selanjutnya. Mengingat kiprah kawan dan lawan Tsubasa yang mempunyai kemampuan unik. Akankah Taro Misaki tetap menjadi pasangan emas Tsubasa? Apakah kekuatan tendangan Kojiro Hyuga tetap bisa menembus ombak? Masihkah Jun Misugi sakit jantung? Atau bagaimana jika tiba-tiba hadir sosok Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam ceritanya?

Yang jelas, serial kartun Captain Tsubasa kali ini tayang bukan pada waktu menjelang magrib, dan tidak harus ditonton melalui televisi.