Yuk, Lihat Sifat dan Karakter Seseorang dari Shio Anjing – Masyarakat Tionghoa merayakan salah satu momen spesialnya hari ini, yakni tahun baru Sin Cia atau Imlek. Untuk tahun ini, Imlek dirayakan pada tahun anjing, bila merujuk pada perhitungan shio. Nah, di antara dua belas shio lainnya, anjing dianggap shio terpandai kedua setelah monyet.

Sudah mafhum bagi kita kalau anjing adalah hewan yang bersahabat bagi manusia. Anjing adalah peliharaan yang sangat bisa diandalkan.

Buktinya, banyak dari kita yang menjadikan anjing sebagai teman untuk berburu. Selain itu, anjing juga menjadi penjaga rumah yang ideal. Semuanya lantaran anjing memiliki kesetiaan yang tak usah diperdebatkan lagi.

Kesetiaan merupakan kata kunci dari shio anjing. Mengutip buku Mengungkapkan Rahasia Karakter dan Keberuntungan Hidup dengan Shio Astrologi China, seseorang ber-shio anjing adalah orang cerdas, terus terang, adil, ramah, dan tulus. Ia memiliki semangat untuk maju, terus belajar, dan mengamati tanpa kenal lelah. Ia taat peraturan, patuh hukum, dan giat bekerja. Shio anjing tidak pernah melanggar hukum.

Shio anjing bukan orang sombong. Ia memiliki naluri kemanusiaan amat mendalam. Kesetiaannya dan kecenderungan untuk memprioritaskan persamaan hak dan memperjuangkan keadilan, membuatnya sangat populer, terutama di kalangan kaum lemah.

Baca juga: Mau Keuangan Kamu Lebih Baik di Tahun 2018? Coba 5 Hal Berikut Ini, Yuk!

Sifat itu tak lepas dari watak shio anjing yang rendah hati dan tak terlalu menuntut sehingga membuat orang ini mudah bergaul dengan orang lain. Ia selalu bersedia kompromi dan dapat dipercaya untuk mengerjakan tanggung jawabnya.

Hal menarik lainnya, seseorang dengan shio anjing jarang menunjukkan amarahnya secara pribadi kepada orang lain. Yang penting bagi anjing adalah prinsip keadilan.

Jika ada perbuatan yang sampai melukai hatinya, perbuatan itulah yang akan ditunjukkan olehnya, tanpa diembel-embel maksud tidak baik, tanpa dendam atau iri hati. Namun, kalau dirasa semua permasalahan sudah selesai semuanya, sudah selesai ditumpahkan dan perbaikan yang layak sudah dikerjakan, maka ia bisa saja berdamai lagi dengan orang itu seolah tidak ada apa-apa.

Baca juga: Ini Dia Para Presiden Berzodiak Gemini

Yang hebat dari shio ini, meski di usia muda, nak anjing sudah belajar untuk mencium mana orang yang baik dan mana orang yang jahat. Bahkan setiap warga anjing, apakah dia sendiri mengakui atau tidak, cenderung membagi ke dalam dua kategori yaitu musuh atau teman, hitam atau putih.

sumber: eskipaper.com

Kemudian ada yang perlu kamu tahu juga nih. Seandainya kamu mampu memenangkan kepercayaannya, orang dengan shio anjing akan setia untuk selamanya. Dan itu juga yang menjadi sifat asli seekor anjing. Sangatlah beruntung orang yang kebetulan mempunyai teman ber-shio anjing, sebab warga anjing umumnya tidak tega mengabaikan suara teman memohon pertolongan.

Malahan, tak jarang juga anjing melindungi kepentingan orang lain ketimbang kepentingan dirinya sendiri. Itu lebih karena anjing berpegang teguh pada orang yang dikasihinya, tidak peduli betapa tidak bermutunya orang tersebut.

Mengutip buku Mengunkapkan Rahasia Karakter dan Keberuntungan Hidup dengan Shio Astrologi China, anjing terbilang cukup sulit menyesuaikan diri terhadap perubahan. Meskipun penampilannya biasanya ramah dan riang, pada dasarnya ia adalah binatang yang pesimis. Situasi yang tidak terduga bisa membuatnya cemas tanpa sebab yang jelas.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Zodiak Gemini Cocok Jadi Presiden

Anjing yang setia lebih cenderung mempertahankan situasi yang sama tidak peduli betapa tidak menyenangkannya daripada harus menghadapi sesuatu yang tidak dikenal dan harus mulai lagi dari nol.

Secara umum, shio anjing adalah manusia yang tidak realistis dan tidak menyenangi kemegahan. Kata-kata dan bahasa yang muluk-muluk malah mencurigakan baginya. Ia lebih suka pembicaraan maupun gaya hidup yang tidak dibuat-buat. Sekalipun ia terlahir dalam keluarga pas-pasan, anjing yang bermoral tinggi mampu meningkatkan statusnya dalam hidup atas upayanya sendiri tanpa menyembunyikan asal-usulnya.