Hibah Dana Tunai dari Cipta Media Ekspresi untuk Perempuan Pelaku Kebudayaan – Bagi kamu yang ingin merealisasikan ide dan karya guna memjukan lingkungan sekitar, ada baiknya kamu cari tahu tentang apa itu Cipta Media Ekspresi (CME) sekarang. Karena Cipta Media Ekspresi hadir mendukung karya perempuan dan menyebarkan pikiran-pikiran mereka untuk memperkaya masyarakat.

Cipta Media Ekspresi merupakan hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni. Hibah dapat digunakan untuk membuat, mengkaji, melakukan perjalanan serta membantu perempuan mencipta atau menampilkan karya.

Karya dalam hibah Cipta Media Ekspresi dapat berupa karya ciptaan asli, kajian, pemilihan benda-benda untuk dipamerkan atau diarsipkan dengan maksud mempertunjukkan atau berbagi.

Baca juga: Kembalikan Masa Kejayaan Lagu Anak Indonesia

Mengutip ciptamedia.org, hibah ini dibagi dalam lima kategori, yaitu akses, perjalanan, kolaborasi, lintas generasi, dan riset.

Akses

Kategori ini adalah pembuka jalan, sehingga perempuan yang mengalami hambatan dapat berkarya –seperti larangan berkarya karena jenis kelamin/gender, tidak boleh mengakses alat musik atau alat produksi atau hambatan yang lebih mendasar seperti tidak punya ruang berkarya atau waktu bekerja karena harus mengurus keluarga– bisa berjalan dengan lancar.

Perjalanan

Kalau ini spesifik untuk kamu yang memiliki ketertarikan mencari ilham dari budaya lain, berkarya bersama orang-orang yang berada di luar dari tempat tinggal, baik dekat maupun jauh, atau ingin menunjukkan karyamu kepada mereka, maka kategori ini tepat untuk kamu.

Kerja sama/ Kolaborasi

Lalu kategori ini adalah untuk proyek yang melibatkan kerjasama/kolaborasi lintas bidang, praktik seni komunal/kolektif atau kolaborasi dengan/di komunitas yang bukan seniman.

CME sadar bahwa makna kolaborasi cakupannya sangat luas, jangan berkecil hati kalau bentuk kolaborasi yang kamu inginkan, tidak termasuk contoh yang diberikan, tetaplah ajukan praktik kolaborasi seni khas kamu sendiri.

Lintas Generasi

Sejarah dan pemikiran perempuan dalam suatu komunitas masih sering diabaikan dan tidak masuk dalam versi yang diakui dan disebarluaskan turun-temurun.

Informasi mengenai hal ini sangat sedikit dan bisa jadi hilang ketika satu generasi punah karena dialog antar generasi di antara sesama perempuan tidak mudah untuk diwujudkan, apalagi kalau perempuan jarang bisa bertemu sesama mereka.

Kategori ini adalah untuk proyek yang mendorong para perempuan dan komunitasnya memikirkan tradisi dan sejarah peran perempuan atau peran gender dan seksualitas melalui sudut pandang perempuan.

Riset/ Kajian/ Kuratorial

Untuk permohonan hibah dengan tujuan riset/ kajian mengenai:

  • Praktik kebudayaan perempuan
  • Mencari/mengenali medium/cara berkarya yang baru (biasanya untuk pencipta)
  • Membuat kuratorial pameran/pertunjukan (biasanya untuk kurator)

Prioritas kategori ini terletak pada proyek yang menawarkan kajian/riset baru dan memajukan pengetahuan mengenai praktik kebudayaan perempuan.

Adapun syarat dan ketentuan untuk pengajuan dana hibahnya, yaitu permohonan, transparansi, lisensi, kelayakan, tenggat, dan tata cara.

Untuk kamu yang penasaran, coba cek aja langsung situs resminya di sini. Siapa tahu kamu beruntung dan karyamu bisa benar-benar terwujud. 🙂