Pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang (18 Agustus hingga 2 September 2018), telah resmi dibuka. Pembukaan berlangsung memukau di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18-08-2018).

Bagaimana tidak, pembukaan Asian Games 2018 menampilkan beragam hasil karya anak bangsa, baik dari seni musik, tari, hingga teatrikal. Tentunya, semua dikemas dengan khas Indonesia.

Adapun sebanyak 18 artis papan atas Indonesia yang turut mengisi acara pembukaan seperti Joey Alexander, Anggun, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah, telah membuka lebih dulu.

Selain para penyanyi top tadi, ada juga 3.600 penari dan performer arahan koreografer kawakan Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto, sekaligus diiringi ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven.

Puncaknya adalah aksi memukau tarian asal Aceh, Ratoh Jaroe. Penampilan itu tak saja mendapat sambutan dan tepuk tangan meriah dari para penonton. Tapi juga sukses membuat masyarakat terkagum-kagum.

sumber: asiangames2018.co.id

Dari segi panggung, pembukaan Asian Games 2018 menampilkan panggung terbesar dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multievent yang pernah ada.

Panggung ini memiliki ukuran dengan panjang 120 meter, lebar 30 meter, tinggi 26 meter, dan berbobot 600 ton. Panggung seluas itu diperuntukan memuat sekitar 6 ribu atlet plus ofisial dari seluruh kontingen negara peserta.

“Indonesia… Indonesia… Indonesia” berkali-kali diteriakkan penonton seisi GBK.

sumber foto: asiangames2018.co.id