Baru-baru ini Good News From Indonesia (GNFI) melakukan sebuah survei dengan menanyakan tingkat optimisme responden dalam 27 isu sosial, politik dan ekonomi kepada milenial terhadap masa depan Indonesia. Hasilnya, mereka mengaku optimis.

Survei ini melibatkan 1.200 orang berusia 18-30 dari 12 provinsi di Indonesia. Secara umum, responden di seluruh kota memiliki nilai Optimisme terhadap masa depan Indonesia di atas skor 50 (0-100).

Survei yang dilakukan pada Februari-Maret 2018 menunjukkan tren optimis. 12 dari 8 kota yang disurvei menunjukkan skor “Cukup Optimis”, sedangkan sisanya menunjukkan skor “Optimisme Lemah”.

Dari segi gender, meskipun sama-sama optimis, responden perempuan menunjukkan kecenderungan optimisme yang lemah dibandingkan dengan responden laki-laki.

Sedangkan dari segi usia, responden yang lebih tua (24-30 tahun) cenderung tidak seoptimis responden yang berusia lebih muda (18-23 tahun).

Baca juga: Mau Keuangan Kamu Lebih Baik di Tahun 2018? Coba 5 Hal Berikut Ini, Yuk!

kredit: Survei GNFI

Dari jawaban-jawaban yang diterima dari FGD, disimpulkan usia responden yang lebih tua menyatakan masih optimis, namun di saat yang sama mereka mulai memiliki tanggung jawab terhadap berbagai pemenuhan kebutuhan hidup (tempat tinggal, kendaraan, pernikahan, dsb). Namun demikian mereka mengaku optimis dengan masa depan yang baik akan dicapai oleh Indonesia.

Baca juga: Pengaruh Influencers dan Media Sosial Bagi Milenial

Menariknya, rangking optimisme per kota dengan nilai tertinggi, atau milenial paling optimis, bukan datang dari Jakarta, melainkan Pontianak (75,6) disusul Ambon (69,4) diurutan kedua, dan Jayapura (65,2).

Jakarta sendiri ada di urutan keempat (64,9) diikuti Bandung (62,2), Surabaya (62), Palembang (61,5), Medan (61,2), Yogyakarta (58,1), Denpasar (57,3), Makassar (55,6), dan Lombok (55,5).

Nah, setelah melihat hasil survei tadi, tingkatkan terus optimis kamu terhadap Indonesia ya.