Mendengungkan Kembali Film Berkualitas untuk Anak – Tahun ini Dillan 1990 sukses membuat ledakan penonton dengan jumlah mencapai 6,3 juta lebih. Tapi film karya Pidi Baiq itu belum bisa menyaingin Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1 yang menarik penonton hingga 6,8 juta penonton. Dari segi jumlah penonton, geliat perfilman Indonesia bisa dibilang sedang bergairah. Namun belum, untuk film anak.

Berdasarkan data yang dihimpun IndonesianYouth.org, hanya ada lebih kurang 6 film untuk anak dari total 116 film yang tayang di bioskop selama tahun 2017. Atau dalam kurun waktu yang lebih lama, hanya ada 37 film untuk anak selama 1 dekade terakhir.

Minimnya produksi film anak juga diikuti oleh sedikitnya jumlah penontonnya. Sejak 2007 hingga 2018 hanya ada satu film yang paling menarik minat penonton, yakni Laskar Pelangi garapan Miles Production. Film itu menempati tiga dari 10 film yang paling banyak ditonton dengan jumlah 4,7 juta lebih (di bawah Warkop Reborn dan Dillan 1990).

Fenomena tadi terbilang memprihatinkan. Demikian juga oleh produser film kondang Mira Lesmana pun merasakan hal serupa. Ia pun mengadukannya kepada Presiden Joko Widodo. Menariknya, presiden pun mengamini itu.

“Melalui akun Instagram miliknya @mirles menuliskan Bapak Presiden sangat prihatin dengan minimnya lagu dan film anak-anak Indonesia dan sudah minta agar kondisi ini bisa segera diatasi.” Beliau sangat antusias mendengar sedang diproduksinya film #KulariKePantai,” tulisnya. “Ayo bangkitkan masa keemasan Film Anak Indonesia bersama #KulariKePantai.”

Karenanya, Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza, tengah memproduksi film untuk anak. Diumumkan lewat akun Instagram keduanya, film ini diberi judul Kulari ke Pantai dan bercerita tentang petualangan dua orang anak dengan karakter berbeda menjelajahi Pulau Jawa bersama keluarganya.

Sedangkan proses penggarapan film yang akan dibintangi oleh Marhsa Tomothy, Lukman Sardi, serta Dodit Mulyanto, baru akan pada Maret bulan ini.

Kulari ke Pantai sekaligus menjadi karya ketiga Miles yang bertemakan anak dan keluarga. Sebelumnya, selain Laskar Pelangi, adalah Petualangan Sherina yang sempat meledak di awal tahun 2000.