RILIS – Perusahaan venture capital Kinara Indonesia dan Patamar Capital sebagai penyelenggara Impact Accelerator Program memberikan pendanaan sebesar 25.000 Dolar atau sekitar Rp 359 juta untuk empat perusahaan dari sektor inovasi dan ethical fashion di Indonesia. Ellen Nio dari Patamar Capital mengatakan ada empat perusahaan yang terpilih dari 12 peserta Impact Accelerator Program tahun ini yang menerima bantuan dana.

Bantuan ini, kata Ellen, merupakan investasi awal yang diharapkan membantu meningkatkan produksi para perusahaan yang menerimanya.

“Dengan senang hati, kami mengumumkan bahwa Astungkara Indonesia, heyStartic, Kostoom dan Minikinizz adalah empat perusahaan yang terpilih dari 12 peserta Impact Accelerator Program tahun ini. Pendanaan yang kami berikan adalah investasi tahap awal yang kami harapkan bisa membantu mereka untuk meningkatkan produksi mereka, membeli peralatan yang lebih efisien dan menjangkau lebih banyak pelanggan,” kata Ellen di The Kasablanka, Jakarta, Kamis (05/07/2018).

Program akselerator yang berlangsung selama empat bulan itu terdiri dari workshop dan webinar yang bertujuan untuk meningkatkan performa bisnis mereka.

Program yang sudah diselenggarakan dua tahun belakangan ini, ditujukan kepada peserta yang ingin belajar untuk memperbaiki model bisnis, membuat dan mengatur tim yang efektif, berinteraksi dengan pelanggan, berhubungan dengan para investor, dan menguatkan jaringan mereka.

Impact Accelerator Program

Kemudian, Fajar Anugerah dari Kinara Indonesia menyampaikan, Impact Accelerator ini bukan sebagai kompetisi, melainkan sebagai pengalaman yang dapat memberi peserta kesempatan untuk belajar dari mentor, pelatih, dan sesama pesertanya.

“Kami menyediakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung pengusaha perempuan yang berkeinginan untuk menumbuhkan usaha mereka di bidang ethical fashion dan memberi dampak yang baik,” kata Fajar Anugerah dari Kinara Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir, Impact Accelerator Program sendiri bekerjasama dengan Investing in Women, sebuah inisiatif dari pemerintah Australia yang secara khusus membantu perusahaan yang dibentuk dan dipimpin oleh pengusaha perempuan.

“Pemerintah Australia dengan bangga mendukung kewirausahaan dan inisiatif perempuan untuk membantu agar bisnis mereka bisa berkembang dan memberi dampak sosial yang positif,” terang Matthew Duckworth selaku Menteri Pelaksana Konselor untuk Ekonomi, Infrastruktur dan Investasi.

Patamar Capital (sebelumnya Unitus Impact) adalah perusahaan yang berinvestasi di perusahaan tahap awal dengan pertumbuhan yang tinggi di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sedangkan Kinara Indonesia adalah firma Impact Investment yang fokus dalam mendukung perusahaan rintisan melalui pembiayaan dan pelatihan.

Sementara Investing in Women adalah program inisiatif Pemerintahan Australia untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan yang inklusif di Asia Tenggara.