Festival Pro Komunitas Angkat 3 Tema Penting Tahun Ini – Seperti kita tahu komunitas punya peranan yang cukup penting di tengah masyarakat. Karenanya kolaborasi dan sinergi antarkomunitas saat ini perlu terus digiatkan. Salah bentuk kegiatannya yakni Festival Pro Komunitas yang ada di Riau.

Festival Pro Komunitas tahun ini mengangkat tiga topik utama yaitu pariwisata, feminisme dan lingkungan hidup.

Bernard M selaku penggagas festival komunitas di Riau berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan. Setidaknya tiga atau empat kali dalam satu tahun.

“Agar festival pro komunitas ini semakin di kenal, dalam waktu dekat akan segera launching sebuah web. Di situ setiap profil komunitas akan ditampilkan sehingga misi dan kegiatan dari masing masing komunitas dapat dengan cepat di sebarkan di masyarakat karena ada ribuan anggota komunitas yang terlibat,” katanya.

“Selain itu, memperbesar kemungkinan komunitas didukung oleh sponsor ataupun donor jika ada kegiatan atau gerakan sosial,” sambungnya.

Acara festival komunitas pertama di pekanbaru ini juga di dukung oleh Komunita.ID, Platform Sebangsa, dan Sinergi Muda yang fokusnya juga mendukung gerakan komunitas agar lebih eksis dan dikenal oleh masyarakat secara nasional.

Ke depannya, kita juga meluaskan kerjasama dengan komunitas lain di luar Riau agar komunitas saling berbagi ide dan program, sesuai dengan tagline dari Festival Pro Komunitas yaitu kolaboratif, kreatif dan produktif.

Ada sejumlah komunitas dan pendukung Festival Pro komunitas di Riau seperti komunitas peduli bonus demografi, Yfcc, AWM, Bebas Sampah 2020, pendora pekanbaru, river ambasador, tiger hard, inovator nusantara regional riau, hamada riau, vape community, LIC, Adventure Riau, Ennumerator, AMR, Hamada Foundation, Riau CBR club, Trip Riau, Bacpacker Pekanbaru, The care taker, Green active Youth, WRI dan rumah zakat akan mengadakan silaturahmi dan talkshow bersama agar saling mengenal sesama komunitas di gedung LP3i Pekanbaru.

Hadir sebagai narasumber untuk pariwisata bapak Osvian saputra, selaku sekjen DPP HPI dan VP Tourism IMA chapter pekanbaru.

Dukungan sponsor juga ikut memeriahkan acara festival pro komunitas ini seperti aplikasi keuangan Sobatku, aplikasi wisata Setrip, dan LP3i.