Untuk pertama kalinya turnamen e-Sports bertajuk Piala Presiden e-Sports 2019 diselenggarakan. Turnamen ini akan berlangsung mulai hari ini, 28 Januari dan mencapai puncaknya pada 30-31 Maret mendatang di Istora Senayan, Jakarta.

Meski perdana, Presiden Indonesia e-Sports Premiere League (IESPL), Giring Ganesha, optimis pergelaran ini akan menjadi turnamen yang menghasilkan bibit-bibit terbaik di bidang e-Sports.

“Sejalan dengan semangat dan komitmen kami untuk membesarkan e-Sports di Indonesia, Piala Presiden e-Sports 2019 diharapkan dapat menemukan dan membina para pemain berprestasi agar bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia,” kata Giring saat konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1).

Mantan vokalis grup musik Nidji ini pun berharap Piala Presiden e-Sports 2019 menjadi turnamen bergengsi dan paling dinanti di Indonesia.

“Berbekal pengalaman menyelenggarakan liga Esports multicabang yang diikuti oleh berbagai tim terbaik di Indonesia, IESPL berharap Piala Presiden Esports dapat menjadi kompetisi tahunan yang ditunggu-tunggu okeh seluruh tim di Indonesia,” ujarnya.

Turnamen ini nantinya akan mempertandingkan gim daring Mobile Legend, gim yang dikatakan Giring paling banyak diminiati di Indonesia. Meski begitu, ia mengungkapkan tidak menutup kemungkinan ada gim-gim lain yang bisa dipertandingan di turnamen berikutnya.

Di sisi lain Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menuturkan, turnamen semacam ini bisa awal mula e-Sports Indonesia bisa turut berprestasi di tingkat internasional.

Menpora Imam pun menargetkan prestasi di Sea Games 2019 nanti dan Asian Games 2020 mendatang.

“Saya harap Asian Games akan datang emas akan diperoleh sebanyak banyaknya dari Esport,” ujarnya pada kesempatan yang sama.