Lupakan sejenak siapa yang berlagak di Final Piala Dunia. Sebab, ada anak bangsa yang turut meramaikan perhelatan megah sekelas Piala Dunia. Kunto Hartono namanya. Penabuh drum asal Jawa Timur. Ia satu-satunya orang Indonesia yang pernah tercatat dua kali dalam buku Guinness World Record.

Kunto mulai dikenal orang pada awal 2004 lalu. Ia menyita perhatian usai menggebuk drum selama 74 jam lamanya. Atau dari 29 Desember 2003 sampai 1 Januari 2004.

Namanya semakin terdengar pada 2017 tahun kemarin. Ia membuat rekor baru: Menggebuk drum selama 145 jam. Catatan itu melampui rekor 134 jam milik drumer asal Kanada, Steve Gaul. Rekor dunia pun kembali mampir di tangan.

Kali ini drummer kelahiran Banyuwangi itu ingin berbuat lebih: Menggebuk drum di Moskow, Rusia, 14 Juli nanti. Iya, bertepatan dengan final Piala Dunia 2018 dalam pertunjukan “The Beats of Indonesia, From Indonesia with Drum”. Artinya, ia bakal membawa nama Indonesia di Piala Dunia Rusia.

Di sana, Kunto akan menabuh drum dengan membawakan lagu-lagu daerah dan nasional. 24 jam lamanya. Ia berharap nama Indonesia terdengar di Rusia.

“Saya sangat berharap nama Indonesia bisa bergaung saat Final Piala Dunia 2018 digelar,” katanya pria yang pernah berprofesi sebagai tukang sol sepatu ini saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/07/2018) kemarin. “Saya berterimakasih kepada GVM Networks yang telah memfasilitasi keberangkatan saya ke Rusia sehingga saya bisa ikut serta membawa nama Indonesia di dunia internasional dengan cara yang unik.”

Sementara, pihak GVM Networks mengatakan, pertunjukan ini tidak hanya ingin mempromosikan Indonesia dengan segala kekayaan alam dan budaya–termasuk musiknya–kepada dunia. Tetapi juga bertujuan memperkenalkan orang-orang berprestasi dari Indonesia.

Selain itu, “The Beats of Indonesia, From Indonesia with Drum” juga ingin memberikan inspirasi kepada seluruh warga Indonesia lainnya untuk ikut serta mempromosikan Indonesia kepada dunia sehingga nama Indonesia terus dikenal sampai ke penjuru dunia.

“Kami dari GVM Networks ingin mempromosikan Indonesia kepada warga dunia dengan cara yang unik. Kami ingin memperkenalkan Indonesia bukan saja dari kekayaan alam dan budayanya, tetapi juga meperkenalkan orang-orang berprestasi dari Indonesia yang sudah diakui kehebatannya di dunia,”┬ákata Co-Founder GVM Networks, Indra Bigwanto.

“Untuk itu, kami berinitiatif untuk menampilkan Kunto Hartono, untuk bermain drum dengan mata tertutup di Rusia bersamaan dengan digelarnya Final Piala Dunia 2018. Dengan rekor unik dan kemampuan hebat yang dimilikinya, Kunto Hartono akan memainkan lagu-lagu Indonesia yang diharapkan ikut mengangkat nama Indonesia di dunia internasional,” tutupnya.

GVM Networks sendiri adalah grup publisher online yang secara khusus memfokuskan diri pada media-media berbasis komunitas.