Pembukaan babak kualifikasi regional Piala Presiden e-Sports 2019 diselenggarakan secara serempak di dua regional berbeda, yakni Palembang, dan Bali Sabtu (09/02/20190. Kedua regional ini telah mengeluarkan juaranya untuk mengadu kebolehan dengan perwakilan regional lainnya di Istora Senayan, Jakarta 30-31 Maret mendatang.

Dari regional Palembang, Professional Esports dari Medan berhak keluara sebagai juara pertama. Lalu ada 13Link Esport di posisi kedua disusul Chronicles WRT dari Palembang di posisi ketiga.

Sementara regional Bali mengeluarkan ROC Esports sebagai juara dilanjutkan KtxEsports di posisi kedua dan dan Truesight di urutan ketiga.

Para pemenang berhak menerima hadiah Rp 25 juta untuk juara 1, Rp 15 juta untuk juara 2, dan Rp 10 juta untuk juara 3.

Staf Ahli Madya Kantor Staf Presiden, Abraham Wirotomo, mengharapkan kehadiran Piala Presiden Esports ini bisa menjadi pesan kepada seluruh peminat game online untuk sama-sama menjaga ekosistem esports.

“Anak muda kita akan menghadapi Revolusi Industri 4.0, mereka akan menghadapi tantangan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk itu, minat dan bakat mereka terhadap hal-hal yang berbau digital tidak bisa dibendung, harus disalurkan dalam kegiatan yang positif. Turnamen seperti Piala Presiden Esports 2019 bisa mendorong minat game online diarahkan dengan nilai-nilai sportifitas.”

Senada dengan Abraham, Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora, Chandra Bhakti, mengatakan, “e-Sports menjadi sangat berkembang dan ini sendiri harus bisa ditargetkan dan dibuatkan mindset sebagai olahraga prestasi supaya ada aturan. Nah tentu dalam konteks begitu cepatnya IoT, kita tidak bisa melakukan rem karena memang online, di sana juga ada bisnis sehingga bagaimana kita mengisi gim online ini menjadi esport yang konten-kontennya memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, ini yang perlu kita pikirkan,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima MUDAzine.

Sebagai catatan, penyelenggaraan babak kualifikasi yang digelar secara offline hanya untuk regional Palembang dan Bali, sisanya atau enam regional lainnya bisa bisa disaksikan melalui siaran televisi.

Sebelumnya Presiden Indonesia e-Sports Premiere League (IESPL), Giring Ganesha, optimis pergelaran ini akan menjadi turnamen yang menghasilkan bibit-bibit terbaik di bidang e-Sports.

“Sejalan dengan semangat dan komitmen kami untuk membesarkan e-Sports di Indonesia, Piala Presiden e-Sports 2019 diharapkan dapat menemukan dan membina para pemain berprestasi agar bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia,” kata Giring saat konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1).

Mantan vokalis grup musik Nidji ini pun berharap Piala Presiden e-Sports 2019 menjadi turnamen bergengsi dan paling dinanti di Indonesia.

“Berbekal pengalaman menyelenggarakan liga Esports multicabang yang diikuti oleh berbagai tim terbaik di Indonesia, IESPL berharap Piala Presiden Esports dapat menjadi kompetisi tahunan yang ditunggu-tunggu okeh seluruh tim di Indonesia,” ujarnya.