Bagi para mahasiswa yang sudah mencapai titik nadir tingkat akhir pasti tahu dong untuk bisa lulus dan menyandang gelar sarjana harus ada syarat utama yang ditempuh. Ya, skripsi.

Skripsi ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu karya ilmiah berupa hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa Strata 1.

Biasanya, karya ilmiah ini ditulis berdasarkan sebuah fenomena atau bisa juga permasalahan dengan latar bidang studi masing-masing si mahasiswa.

Nah, dalam pengerjaan karya ilmiah ini tentu ada beberapa aplikasi yang mesti kamu gunakan demi menunjang dan mempermudah saat kamu mengerjakannya.

Apa saja? Simak yuk

Google Docs

Lho, kenapa Google Docs, kan sudah Microsoft Word?

Kelebihan dari Google Docs adalah fitur penyimpanan otomatisnya ini. Gogle Docs berbasis cloud. Sedangkan Word masih menggunakan manual.

Jadi, kalau sewaktu-waktu tidak mengalami gangguan teknis, tak perlu khawatir lagi. Karena skripsimu sudah tersimpan otomatis.

Google Drive

Bagi kamu pengguna surel Google Mail pasti sudah tahu apa ini Google Drive.

Google Drive pada dasarnya adalah layanan penyimpanan daring berbasis cloud. Layanan ini akan memudahkan kamu dalam menyimpan sebuah file melalui internet. 

Jadi, MUDAzine menganjurkan untuk menyimpan segala file yang terkait skripsi kamu di sini. Tentu, selain juga kamu simpan di gawai kamu atau flashdisk. Percaya deh, backup itu perlu.

SPSS

Mungkin kamu baru dengar aplikasi ini. SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. Nah, lho. Apaan sih ini?

Sederhananya SPSS ini berguna untuk melakukan analisis statistik. SPSS biasanya akan sering dipakai untuk hal-hal yang terkait statistik atau ukuran.

Dan biasanya para dosen akan menyuruh kamu menggunakan ini untuk menghitung statistik hasil survei karya ilmiah kamu dalam mengolah datanya.

Pickpick/Snapping Tool

Untuk aplikasi satu ini kamu bisa salah satu di antaranya. Karena keduanya ini memiliki fungsi yang sama, yakni screenshot atau penangkap layar.

Aplikasi ini akan berguna ketika kamu membutuhkan data-data penunjang skripsi kamu berupa gambar. Sedangkan tidak semua gambar yang bisa diunggah. Jadi, kamu tinggal gunakan saah satu dari aplikasi ini untuk menangkap gambarnya.

Adobe Reader

Meski tidak terliihat asing, aplikasi ini cukup penting lho. Fungsinya adalah untuk membaca file-file berformat pdf.

Adobe Reader nanti akan menjadi penting ketika kamu sudah mulai mencari-mencari bahan di internet berupa jurnal atau buku-buku akademik yang memiliki format pdf.

Jadi, pastikan gawai kamu sudah terpasang Adobe Reader, ya.

Notepad++

Kalau ini sebenarnya hanya tambahan dari penulis saja. Tidak ada kewajiban dari untuk kamu menggunakannya saja. Hanya, penulis memiliki pengalaman mengerjakan skripsi dengan aplikasi ini.

Notepad++ sebenarnya bukan perangkat untuk menulis, melainkan lebih kepada progammer. Sederhananya digunakan untuk menyunting teks dan kode bahasa pemrogaman.

Tapi penulis lebih suka menggunakan ini lebih dikarenakan beberapa fiturnya yang sangat membantu. Karena di Notepad++ semua tulisan yang tertuang di dalamnya, maka ia akan melekat.

Maksudnya, ketika kita sedang asyik menulis dan lupa meyimpannya maka tulisan masih tetap berada dalam badan perangkat ini. Tanpa saya simpan pun tulisan di dalamnya masih terpampang.

Sebab, Notepad++ ini memiliki fitur auto backup yang bisa kita atur berapa lama sekali aplikasi ini akan menyimpan otomatis. Kalau penulis mengatur tiap 7 detik. Karena setiap kalimat dalam skripsi sangatlah berharga, he-he-he…

Kelebihan kedua, Notepad++ bisa menambahkan jumlah jendela dokumen sebanyak-banyaknya. Penulis pernah menggunakan lebih dari 20 jendela dokumen

Kelebihan lainnya, apabila kita mengunduh perangkat lunak ini di situs resminya terdapat versi portable.

Jadi, kurang lebih begitu rekomendasi dari penulis untuk kamu yang ingin mengerjakan skripsi.

Selamat mencoba!

sumber gambar: emilerichards.com